Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Tulang Bawang Tinjau Gudang Logistik KPU

Logistik

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tulang Bawang, menjelang tahapan pemungutan dan penghitungan suara, meninjau langsung surat suara Pemilu sudah di sortir dan dilipat di gudang logistik KPU Kabupaten Tulang Bawang, pada Rabu (10/01)

Ketua Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang, Inda Fiska Mahendro, mengatakan kehadiran pengawas dalam rangka memastikan ketersediaan surat suara sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan ditambah dengan cadangan dan surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Pada prinsipnya kami ingin memastikan setiap jenis surat suara sesuai dengan kebutuhan jumlah pemilih tetap ditambah cadangan 2% dan kita juga telah menugaskan personil untuk mengawasi secara langsung mulai dari proses pembongkaran,  penghitungan surat suara, termasuk sortir pelipatan surat suara sampai pada pendistribusiannya". Ungkap Inda Fiska.

Senada dengan Inda Fiska, Anggota Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang, Desi Triyana, menyampaikan selain memastikan keterpenuhan surat suara, Bawaslu juga melakukan mitigasi terkait penyimpanan surat suara dan kelengkapan logistik lainnya yang berada di gudang KPU.

"Mitigasi pencegahan perlu kita lakukan, untuk itu kami juga memastikan sistem keamanan tempat penyimpanan logistik berada, apakah sudah terdapat CCTV, Aparat Keamanan (Kepolisian) yang berjaga dan Alat Pemadam Kebakaran, termasuk juga potensi genangan air yang masuk dalam gudang, karena bagaimanapun surat suara ini merupakan dokumen rahasia negara yang perlu diawasi secara ketat", tutur Desi.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang, Reka Punata, menjelaskan seluruh jenis surat suara untuk Pemilu sudah selesai disortir dan disimpan di gudang, selanjutnya KPU Tulang Bawang akan melakukan penjadwalan packing kedalam kotak suara dengan menyesuaikan jumla TPS.

"Semua logistik hampir 90% sudah tiba, dan hari ini sudah selesai dilakukan sortir surat suara yakni surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, PPWP, DPR RI dan surat suara DPD", papar Reka.

Ia menambahkan, untuk pengamanan logistik pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Tulang Bawang untuk memastikan adanya penjagaan dari aparat keamanan setempat.

"Untuk pengamanan sama seperti biasanya, kita akan terus berkoordinasi dengan polres setempat terkait dengan pengamanan dan untuk keamanan gudang KPU, sehingga tidak ada surat suara yang keluar dari gudang". Tambahnya

Penulis dan Foto: Bambang AP
Editor: Bambang AP