Lompat ke isi utama

Berita

Jaga Pemilu Kondusif, Bawaslu dan Kepolisian Perkuat Koordinasi

koordinasi

Tulang Bawang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) - Ketua Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang, Inda Fiska Mahendro, didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang Desi Triyana, menerima kunjungan silahturami dari Kapolres Tulang Bawang, AKBP James Hutajulu, dengan didampingi Wakapolres dan para pejabat utana (PJU) di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang, Selasa (09/01).

Pertemuan yang bertajuk Pojok Pemilu, Selain sebagai silahturami, pertemuan antara kedua belah pihak tersebut, juga bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi antara Kepolisian dan Bawaslu Tulang Bawang dalam menghadapi puncak Pemilu yaitu pungut hitung yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024.

Kapolres Tulang Bawang, AKBP James Hutajulu, menjelaskan Pojok Pemilu sebagai sarana diskusi antara Kepolisan dengan lembaga Penyelenggara Pemilu dalam mengantisipasi terjadinya pelanggaran atau ketidakkondusifnya penyelenggaraan Pemilu saat tahapan pemungutan suara.

"Dengan wadah Pojok Pemilu ini diharapkan terjalin dan banyak ruang-ruang diskusi untuk mengantisipasi pelanggaran atau hal-hal yang tidak kita inginkan dalam penyelenggaraan Pemilu khususnya pada tahapan Pemungutan Suara", jelas AKBP James.

Kapolres Tulang Bawang menambahkan, Kepolisian dalam menjaga Pemilu berjalan kondusif, telah memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan piket di Kantor Bawaslu. "Kami telah melakukan patroli serta menugaskan anggota untuk melaksanakan piket di Kantor Bawaslu, yang bertujuan untuk menjaga kondusifnya penyelenggaraan Pemilu", tambah AKBP James.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang, Inda Fiska Mahendro mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kapolres Tulang Bawang beserta rombongan, ini sebagai langkah untuk memitigasi dalam mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Kapolres dan rombongan telah berkunjung ke kantor kami, semoga hubungan ini tetap terjalin baik serta diskusi-diskusi membahas jalannya pengawasan penyelenggaraan Pemilu tetap berjalan. Tugas pengawasan dan pencegahan pelanggaran Pemilu berada dipundak Bawaslu, akan tetapi partisipasi dari masyarakat serta stackholder sangat membantu kerja kami", jelas Inda Fiska.

Inda Fiska juga menjelaskan, melalui Sentra Gakkumdu, Bawaslu bersama Kepolisian terus bersinergi dan berkomitmen untuk menjaga kondusifitas Penyelanggaraan Pemilu di Kabupaten Tulang Bawang. "Kami selalu berkoordinasi dengan anggoto Sentra Gakkumdu dalam menjaga kondusifnya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Tulang Bawang", pungkas Inda Fiska.

Penulis dan Foto: Bambang AP
Editor: Bambang AP